Total Tayangan Laman

Sunday, March 25, 2018

Syarat masuk SD di Jepang



*PERILAKU YG HARUS DIPENUHI UNTUK MASUK SD DI JEPANG*.
Bagus juga diterapkan untuk peserta diklat kita.


Diterbitkan 18/02/2018
Persyaratan masuk SD di Jepang bukan berdasarkan pengetahuannya saja.

Jepang lebih mementingkan perilaku sang anak di atas segalanya.
Orang tua perlu memastikan bahwa anaknya dapat berperilaku seperti yang tercantum dalam daftar tersebut sebelum memasuki pendidikan formal di sekolah.
Bukan hanya anaknya saja, orang tuanya juga perlu mengikuti daftar tersebut.
Daftar tersebut berisi 18 POIN yang dibagi menjadi 2 kategori, dimulai dengan ...
▪PERILAKU DASAR DAN SIKAP :
• Mendengarkan dengan penuh perhatian saat seseorang berbicara.
• Dapat menyapa orang lain dan menanggapi pertanyaan dengan suara yang jelas dan mudah terdengar.
• Dapat duduk dengan benar di kursi .
• Dapat membedakan antara barang milik sendiri dan barang milik orang lain.
• Dapat melepas dan merapikan sepatu.
• Mengenakan pakaian secara rapi.
• Dapat menjaga agar meja dan lingkungan tetap rapi dan teratur.
• Bertanggung jawab untuk tidur lebih awal dan bangun pagi sekali sendiri.
• Makan sarapan tepat waktu.
• Selalu sikat gigi.
• Tidak berbohong.
▪HUBUNGAN DENGAN TEMAN :
• Tidak membiarkan orang merasa ditinggalkan.
• Membantu orang lain yang memiliki masalah, bantu mereka.
• Tidak membicarakan hal buruk mengenai teman.
• Mampu bergaul, bermain, dan belajar dengan siapa saja.
• Tidak hanya bermain sendiri, namun juga bersikap bersahabat saat bermain bersama semua orang.
• Bermain di luar, baik untuk berolahraga dan juga bersantai di alam sekitar.
• Meminta maaf dengan sungguh-sungguh apabila melakukan kesalahan.

Beberapa orang percaya bahwa daftar perilaku ini bukan hanya berguna untuk anak-anak, kadang-kadang para orang tua yang telah dewasa pun masih sulit untuk melengkapi daftar perilaku baik tersebut.
Dari daftar ini kita belajar untuk menjadi pribadi yang baik, pemahaman perilaku dasar dan sikap yang perlu dibentuk sejak dini

*Bisa ditiru*...

No comments:

Post a Comment